CAP GO MEH DI KAMPUNG PELANGAS KECAMATAN SIMPANG TERITIP, KABUPATEN BANGKA BARAT 19 FEBRUARI 2019

Perayaan  Cap Go Meh  atau  Cang Ngiat Sip Ng yang jatuh pada tanggal 19 Februari 2019 ini, Matakin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpartisipasi dalam kegiatan kirap Pak Kung di Kampung Pelangas, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat.

Perjalanan dengan satu bus dengan diikuti 30 an Rohaniwan dan daoqin, keberangkatan dimulai dari Ruhui Litang Pasir Putih Pangkalpinang sekitar jam 10.30 WIB.

Foto : Peserta ( pasukan Ungu Makin Pangkalpinang ) Kunjungan ke kampung Pelangas , Kec. Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat.

Perjalanan ke kelenteng FUK TET CHE, Pelangas pada siang hari yang cukup terik ini diiringi dengan lagu-lagu rohani Agama Khonghucu, tiba di Pelangas sekitar pukul 14.00 WIB.  Rombongan disambut oleh rekan-rekan dari kampung pelangas.

Sebelum dimulainya acara kirab FUK XIANG Pak Kung ini, dilakukan doa kepada Tian, agar berkenan dilaksanakan acara kirab ini dengan baik dan lancar.  Doa dipimpin oleh Jiaosheng Sunarto, yang diikuti oleh para daoqin dan umat Khonghucu yang sudah berkumpul di kelenteng Fuk Tet Che ini.

Foto : Jiaosheng Sunarto dari Makin Pangkalpinang memimpin Doa di depan Tian Dan kelenteng Fuk Tet Che Pelangas.
Foto : melengkapi doa dengan melakukan San Gui Jiu Gou
Setelah sembahyang dan doa kepada Tian, maka dilakukanlah persiapan untuk kirab Fuk Xiang Pak Kung.
Foto : Prosesi menurunkan Kim Sin Fuk Xiang Pak Kung
Foto : Ketua Matakin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dq.  Henry Kurniawan berpartisipasi dalam memikul tandu kim sin Fuk Xiang Pak Kung.
Foto : Ikut berfoto Ketua Makin Pangkalpinang, Daoqin Wery Chin, ST.
Foto : Yakin dengan kebajikan Tian berkenan, pasukan ungu Makin Pangkalpinang setia mengikuti kirab hingga selesai

Perjalanan mengelilingi kampung Pelangas ini memakan waktu hampir 2 jam, cucuran keringat deras mengalir di tubuh peserta kirab, terpaan rintik-rintik hujan melengkapi perjalanan menataki batas kampung Pelangas ini dengan kawalan dari pihak Kepolisian dan pengamanan dari Babinsa setempat.

Kirab ini dipandu oleh 2 buah barongsai dan diikuti penabuhan loku ( tambur ) dan symbal dari awal hingga akhir menyemangati perjalanan kirab ini.

Sepanjang jalan  anak-anak membakar mercon kecil, dan diselingi dengan kembang api memeriahkan acara tersebut, masyarakat berkumpul disepanjang jalan untuk melihat dan mengabadikan momen yang diadakan satu tahun sekali ini.

Foto : Ibu-Ibu Perkhin – Makin Pangkalpinang yang cantik-cantik ikut dalam kirab ini

Akhirnya sekitar pukul 16.00  sampailah rombongan kirab ini pada titik keberangkatan semula, meski lelah semua bahagia telah dapat melangsungkan acara kirab ini dengan baik, dan berharap perlindungan Tian kepada  seluruh penduduk kampung Pelangas, Shanzai.

Tentunya panitia kirab sangat berterima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah menyempatkan untuk bergabung dalam acara kirab Cap Go Meh di Kampung Pelangas ini.

Foto : Foto bersama panitia dan rombongan Makin Pangkalpinang

Puji syukur kita panjatkan kepada Tian rombongan dapat kembali dengan selamat di Pangkalpinang, sekita pukul 20.00 WIB,

Huang Yi  Shang Di, Wei Tian You De.

Shanzai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *