DIKLAT ROHANI MATAKIN PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Pangkalpinang, 20 Maret 2021

GEDUNG SETIA BAKTI Pangkalpinang, menjadi tempat perhelatan kegiatan DIKLAT ROHANI MATAKIN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  Acara berlangsung dari Pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Kegiatan diikuti oleh pengurus MATAKIN Provinsi dan MAKIN MAKIN di Kabupaten dan Kota, peserta tercatat yang hadir mencapai 60 orang.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dihadiri oleh Pembimas Khonghucu Kanwil kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bapak Sugiyo, SIP, MSi, dan Bapak Andreas Yudho Astono, S.Ag. Pembukaan acara sendiri dihadiri oleh Ketua Harian Pusat MATAKIN Ws.  Budi Suniarto, SE, MBA, dan dibuka oleh Dq.  Henry Kurniawan selaku Ketua MATAKIN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  Laporan ketua panitia disampaikan oleh Dq.  Marianto.

Tema dari DIKLAT ini adalah ZHONG, yang merupakan sebuah huruf mandarin yang merupakan gabungan dari 2 huruf  yaitu Zhong  yang artinya tengah atau lurus dan Xin yang artinya hati, sehingga dapat diterjemahkan sebagai LURUS HATI, oleh karena itu kita menekankan DIKLAT INI untuk MELURUSKAN HATI.

Ayat pendukung dari Tema DIKLAT ini adalah

DAXUE X : 18

“ Hanya Satya dan Dapat dipercaya sajalah yang memungkinkan kita mencapai cita-cita yang mulia “

Diklat ini bertempat di sebuah gedung yang memiliki nama mandarinnya ZHONG YIE TANG, ZHONG nya sama dengan tema DIKLAT kita, YIE artinya kebenaran, TANG dapat diartikan sebagai GEDUNG atau aula, ZHONG YIE TANG bertarti Gedung yang dibangun dengan landasan Kesatyaan akan kebenaran. Yang merupakan 2 kata dari 8 kebajikan yang menjadi pedoman hidup umat Khonghucu.

Sehingga dapat dikatakan bahwa kegiatan DIKLAT ini merupakan satu kesatuan antara TEMPAT dan TEMA dan tentunya kita berharap mendapat hasil yang sama dari DIKLAT ini yaitu hati yang lurus.

Peserta DIKLAT Rohani ini adalah, Para Rohaniwan, Pengurus Matakin, Pengurus Makin, Pengurus Wakin, Pendidik, Pemuda Khonghucu yang terdaftar sebanyak 60 orang.

Diklat rohani ini berlangsung 1 hari dengan 2 sesi, sesi pertama Penyampaian materi dan pada sesi kedua dilanjutkan dengan  penyampaian materi + diskusi dengan narasumber WS.  BUDI SUNIARTO,SE, MBA, ketua Harian Matakin Pusat dan anggota dewan rohaniwan Matakin. Dan sebagai tambahan di akhir sesi pembukaan ini akan ditambahkan pengumuman oleh kawan-kawan dari POLDA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sosialisasi penerimaan bintara dan tamtama POLRI oleh Biro SDM Polda Kepulauan Bangka Belitung

Ws.  Budi Suniarto, SE,MBA, CTNNLP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *