MAKIN TOBOALI, SECERCAH HARAPAN PENGEMBANGAN AGAMA KHONGHUCU

Minggu pagi, tanggal 24 Februari 2019, jam 9 pagi Rombongan Pengurus Matakin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali melakukan kunjungan ke Makin Toboali sebagai bagian dari Konsolidasi dan koordinasi seluruh Makin di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam rombongan ini ada Dq.  Henry Kurniawan, Dq.  Suryanto Tjandra, SH, Dq.  Wery Chin, ST, Dq.  Jiu Nen, Jiaosheng Sunarto, Jiaosheng Tjhin Muk Djie dan dari Trubus bergabung Jiaosheng Ngiat Hiung.

Perjalanan yang memakan waktu 2 jam ini akhirnya tibalah rombongan di rumah kediaman Ketua Makin  Toboali, Bangka Selatan.   Rombongan disambut dengan makan siang dengan menu Nasi Merah, ikan asam manis, cumi goreng, lalapan dll.

Foto : rombongan Matakin Prov. Babel disambut dengan Makan Siang bersama.

Sambil makan siang, saudara2 dari Matakin Bangka Selatan dan Makin Toboali berdiskusi mengenai perkembangan dan masalah yang ada di wilayahnya.

Tujuan selanjutnya rombongan mengunjungi Litang Makin Toboali yang terletak di jalan puput dalam.

Di Litang, kami bertemu dengan tokoh Tionghoa dan Pengurus Kelenteng Kwan Tie Miao – Keposang, Saudara Liu A Piang dan berdiskusi tentang rencana dan program kerja Matakin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2018-2022.

Di dalam litang terlihat banyak tumpukan barang-barang, yang agak mengganggu fungsi tempat ibadah ini.  Ketua Makin Menjelaskan adanya masalah penguasaan lahan, sehingga pemilik lahan kurang mengijinkan untuk tetap dipergunakan sebagai tempat ibadah, sehingga sebagai bentuk keberatan

tersebut maka barang-barang kegiatan ditumpuk di kiri dan kanan Litang.

Foto : ruangan litang yang dipenuhi barang-barang.

Hal tersebut langsung disampaikan kepada saudara Liu A Piang, beliau dengan tanggap siap memberikan solusi untuk menyediakan tempat yang lebih layak seandainya pengurus Makin Toboali menginginkannya.

Maka langkah selanjutnya diajaklah rombongan untuk mengunjungi sebuah tempat ibadah Kwan Tie Miao di desa Keposang.

Foto ; Kelenteng Kwan Tie Miao – Keposang – Bangka Selatan
Foto : Liu A  Piang menawarkan solusi pendirian bangunan Litang MAKIN Toboali di sebelah kanan bangunan Kelenteng Kwan Tie Miao Keposang.
Foto : Rencana Lokasi bangunan Litang Makin Toboali, Bangka Selatan.
Foto: foto bersama di dalam kelenteng Kwan Tie Miao Keposang
Foto : Rombongan Matakin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berfoto di depan Bangunan Kelenteng Kwan Tie Miao- Keposang – Bangka Belitung, yang dibangun pada tahun 1828.
Foto : Liu A Piang, Tokoh masyarakat Tionghoa Bangka Selatan dan Pengurus kelenteng Kwan Tie Miao Keposang.
Foto ; Papan Nama yang menandai bahwa kelenteng tersebut dibangun pada tahun 1828
Foto : Papan nama sejarah renovasi kelenteng Kwan Tie Miao Keposang
Foto : Papan nama sejarh renovasi kelenteng Kwan Tie Miao Keposang
Foto : bertemu dengan tokoh pengurus Yayasan Dharma Bhakti, Dq.  Hendro ( Aliong To)
Foto : Rombongan diajak mengunjungi kebun Dq. Hendro dan memanen buah Lengkeng ( Longan )
Foto: buah longan yang dibungkus karung

Demikianlah kunjungan koordinasi Matakin Prov.  Kep.  Bangka Belitung ke Bangka Selatan, Makin Toboali, semua masalah dapat di selesaikan dengan dukungan dan bantuan dari tokoh Tionghoa setempat, dan semoga Makin Toboali dan Matakin Bangka Selatan dapat berkembang dengan baik untuk pengembangan Agama Khonghucu dan pelanyanan Keagamaannya. 

Xie Tian Zhi En.

Huang Yi Shang Di, Wei Tian You De

Shanzai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *