PERAYAAN DAN PERINGATAN HARI LAHIR ( HARLAH ) NABI KONGZI KE-2570 DI KOBA, BANGKA TENGAH Gedung Mutiara Koba, Minggu, 22 September 2019.

Ditulis Oleh : Wery Chin.

Perayaan dan Peringatan Hari Lahir Nabi Kongzi yang ke 2570 tingkat provinsi kepulauan Bangka Belitung tahun 2019 ini dipusatkan di Koba, Bangka Tengah.   Dengan demikian tuan rumah dari acara ini adalah MAKIN Koba.

Ketua Panitia HARLAH Tingkat Provinsi ini dipercayakan kepada Ketua Makin Koba Dq.  Muk Sian.  Acara yang diselenggarakan pada hari Minggu itu dimulai pada pukul 14.30 WIB, namun peserta dari luar kota sudah berdatangan sejak pukul 12.00 WIB

panggung altar Nabi dalam acara HARLAH Nabi Kongzi 2570, Koba, Bangka Tengah

Acara Harlah 2570 di Koba ini mendapat kehormatan yang luar biasa dengan kehadiran Orang Nomor 1 di Matakin Pusat yaitu Ketua Umum Dewan Rohaniwan / Pimpinan Pusat Matakin Xs. Ir.   Budi Santoso Tanuwibowo, MM dan juga Ketua Harian Matakin Pusat Ws.  Budi Suniarto, SE, MBA., berserta istri.

Ketua Umum Deroh Matakin Xs.  Ir.  Budi Santoso Tanuwibowo, MM

Acara yang dimulai pada tepat pukul 14.30 WIB yang merupakan sesi pertama dari acara ini didahului dengan pemukulan Loku, yang kemudian diteruskan dengan prosesi penyajian perlengkapan altar sembahyang.

pemukulan loku sebagai tanda dimulainya acara.
Prosesi penyajian kelengkapan altar sembahyang.
peserta acara dari depan
peserta acara dari belakang.

Acara ini cukup mendapat perhatian umat Khonghucu di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diperkirakan hampir mencapai 700 orang, yang berdatangan dari Makin Toboali, Makin Trubus, Makin Koba, Makin Sungailiat, Makin Pangkalpinang, Makin Belinyu, Pelangas ( Bangka Barat ) , Kundi ( Bangka Barat ) dan umat Khonghucu lainnya.

Kolase foto kebaktian Harlah 2570 Kongzili.

Dalam acara ini Ketua Harian Matakin Pusat Ws.  Budi Suniarto, SE, MBA., berkenan untuk memberikan Jiang Dao atau Khotbah.

Kolase foto dalam rangkaian Jiang Dao oleh Ws.  Budi Suniarto, SE, MBA.

Dalam rangkaian Jiang Dao tersebut Ws. Budi Suniarto mengajak para Rohaniwan untuk mendoakan lilin Pelita Kebajikan yang disumbangkan oleh para Daoqin dan mendoakan juga air minum yang dikonsekrasikan atau disucikan ini.  Dalam upaya ini banyak keharuan yang hadir baik bagi Rohaniwan maupun umat yang hadir.

Akhirnya peserta acara diberikan kesempatan untuk melakukan doa penyedar rohani, hal ini disampaikan kiranya bagi para daoqin yang memiliki masalah-masalah baik kesehatan maupun hal-hal lainnya yang mereka hadapi dalam kehidupannya.

Diluar perkiraan umat yang berkeinginan untuk doa penyedar rohani di luar perkiraan, mencapai ratusan orang.

doa penyedar rohani yang dipandu oleh Ws.  Budi Suniarto, SE, MBA

Menurut pengamatan kami, sesi doa penyedar rohani ini cukup khusyuk meskipun dilakukan saat siang hari, banyak keharuan dan air mata yang keluar menyertai sesi doa ini.  Semua berharap  dan berdoa agar kembali dikuatkan untuk menghadapi masalahnya masing-masing dan diteguhkan imannya Yakin dengan kebajikan Tuhan berkenan, Shanzai.

Berakhirnya sesi doa penyedar rohani ini langsung diikuti dengan acara Liyuan Umat masal, pantauan kami umat yang mengikuti liyuan umat ini mencapai 250 Orang, meski masih dibawah target namun pelaksanaan liyuan masal di Koba ini banyak diikuti oleh para daoqin kita dari Wilayah Makin Koba, tentunya kita semua berharap yang terbaik bagi kemajuan ajaran Nabi Kongzi di bumi pertiwi ini.

liyuan umat di Harlah Koba 2570 Kongzili.

Sesi pertama dari Harlah Nabi 2570 ini diakhiri dengan makan malam bersama, dan kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua berupa sambutan dan pentas seni.

pembukaan acara sambutan dan pentas seni Harlah Nabi 2570 Kongzili, Koba.

Acara dimulai dengan tari sambut yang dibawakan oleh PAKIN dr Koba, dan kemudian diikuti dengan doa bersama yang dibawakan oleh Js.  Mok Piang Lioeng.  Sesi ini dihadiri oleh anggota DPRD Bangka Tengah, Camat, Kapolsek dan tokoh masyarakat lainnya.

Acara sambutan dimulai dengan laporan dari Ketua Panitia pelaksana Harlah Koba 2570 Dq.  Muksian, kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Ketua Matakin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sambutan Ketua Deroh Matakin Xs.  Ir  Budi Santoso Tanuwibobo, MM, dan Muspida setempat.

sambutan Ketua Matakin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dq.  Henry Kurniawan.
Sambutan dari Ketua Deroh Matakin Xs.  Ir.  Budi Santoso Tanuwibobo, MM
foto bersama dengan tokoh masyarakat yang hadir
foto bersama panitia pelaksana Harlah Nabi 2570 Kongzili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Makin Koba, Bangka Tengah.

Lampiran foto-foto intermezzo

XIE TIAN ZHI EN, acara Harlah Nabi ke 2570 tingkat provinsi kepulauan Bangka Belitung, yang diselenggarakan di Koba dengan Panitia Pelaksana Makin Koba dapat berjalan dengan lancar dan memberikan kesan yang mendalam, semoga Agama Khonghucu dapat lebih tumbuh dan berkembang di Koba dan Bangka Tengah ini.

Matakin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memang memiliki program agar setiap Makin Kabupaten atau kota nantinya mendapatkan kesempatan yang sama untuk menyelenggarakan acara2 besar keagamaan sehingga nantinya masyarakat dapat merasa lebih dekat dengan agama Khonghucu agama leluhur orang Tionghoa.

Demikian lah, rangkaian singkat kegiatan Harlah 2570 ini, banyak terima kasih kami sampaikan kepada :

1.  Ketua Deroh Matakin Pusat Xs.  Ir.  Budi Susanto Tanuwibowo, MM

2.  Ketua Harian Deroh Matakin Pusat Ws.  Budi Suniarto, SE, MM beserta Ibu

3.  Ketua Matakin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dq.  Henry Kurniawan

4.  Ketua Makin Koba Pelaksana Kegiatan Harlah 2570 Prov. Kep Bangka Belitung, Dq.  Muk Sian

5.  Seluruh Rohaniwan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

6,  Kepala Biro Sosial dan Perayaan Matakin Provinsi kepulauan Bangka Belitung, Dq.  Septriana.

7.  Makin-Makin yang berpartisipasi

8.  Wakin-Wakin yang berpartisipasi

9.  PAKIN yang berpartisipasi

10.  Seluruh Donatur yang dermawan untuk acara Harlah 2570 Koba.

11.  Seluruh Daoqin dan umat Khonghucu yang hadir

Terima kasih.

Huang Yi Shang Di, Wei Tian You De

Shanzai.

Pangkalpinang, 7 Oktober 2019

Penulis : Wery Chin, ST.

One Reply to “PERAYAAN DAN PERINGATAN HARI LAHIR ( HARLAH ) NABI KONGZI KE-2570 DI KOBA, BANGKA TENGAH Gedung Mutiara Koba, Minggu, 22 September 2019.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *